Disadari bahwa kondisi penyelenggaraan pelayanan publik masih belum memadai. Hal ini terlihat dari masih banyaknya keluhan dan pengaduan dari masyarakat baik secara langsung maupun melalui media massa, seperti, prosedur yang berbelit-belit, tidak ada kepastian jangka waktu penyelesaian, biaya yang harus dikeluarkan, persyaratan yang tidak transparan, sikap petugas yang kurang responsif dan lain-lain, sehingga menimbulkan citra yang kurang baik terhadap dunia peradilan. Berangkat dari permasalahan-permasalahan itulah, Mahkamah Agung dan jajaran dibawahnya bertekad merubah wajah pelayanan publik, dilingkup peradilan menjadi lebih baik. Berbagai aturan, pedoman, himbauan, dan SOP (Standart Operational Procedure) diterbitkan oleh Mahkamah Agung, dari tahun ke-tahun sesuai dengan tingkat kebutuhan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, itu semua membuahkan hasil, berbagai kemudahan dalam bentuk pelayanan, transparansi, dan akses informasi dapat dirasakan langsung oleh masyarakat. Inovasi-inovasi dalam bidang pelayanan publik pun dikembangkan.
Seluruh satuan kerja pengadilan di Indonesia tentunya ingin memberikan pelayanan publik yang prima. Kemudahan akses informasi, kenyamanan ruang sidang dan ruang tunggu sidang yang layak, hingga penataan gedung yang sesuai dengan Layout Mahkamah Agung, begitu pula dengan PA Masohi, ingin memberikan pelayanan publik yang terbaik. Dengan moto, Exellent Service Everyday siap memberikan layanan unggulan kepada masyarakat. Kesederhanaan gedung dan kurangnya sarana bukanlah faktor penghambat, PA Masohi mengadirkan kenyamanan dalam pelayanan. dengan budaya kerja Siap Melayaniberinovasi dalam memberikan pelayanan publik.
Berinovasi tentu saja bukan hanya menghadirkan sesuatu yang baru, tapi merubah sesuatu yang sederhana hingga memiliki nilai lebih dan Rasa Baru merupakan bukti nyata inovasi. Untuk mengetahui informasi yang dibutuhkan PA Masohi menyedikan Layanan meja informasi dan pengaduan. Baik secara online atau dengan datang langsung ke Kantor, dimana masyarakat dapat mengajukan informasi yang dibutuhkan dan mengadukan keluhan melalui meja pengaduan. Dengan slogan Senyum, Salam, sapa, sopan dan santun, Petugas meja informasi dan pengaduan siap melayani.
Para pihak pencari keadilan atau masyarakat juga diperkenankan mengambil brosur, yang memuat informasi-informasi yang berhak diketahui oleh publik. Jadwal persidangan dapat dilihat melalui tv media centre yang tersedia, diantrian ruang tunggu sidang ataupun ruang tunggu Loket, masyarakat bisa duduk dengan nyaman dengan tersedianya bahan bacaan, dan air minum. Pelayanan pendaftran perkara, dapat dilakukan secara online pada Website Pengadilan Agama Masohi, atau dengan datang langsung ke Kantor Pengadilan Agama Masohi. Pembayaran biaya perkara, pengambilan aktacerai dan salinan putusan, serta pengambilan sisa panjar biaya perkara, dapat diambil melalui loket yang tersedia., masyarakat juga bisa mengetahui informasi biaya pendaftaran perkara yang diajukan, melalui papan-papan informasi yang ada pada ruang tunggu.
Bagi penyandang disabilitas, segenap pegawai, tenaga kontrak dan security siap membantu. Belum tersedianya prasarana seperti akses jalan, dan kursi roda bagi penyadang disabilitas, karena kondisi gedung, tidak membuat pelayanan bagi penyandang disabilitas disepelekan. Monitoring dan Evaluasi kinerja pelayanan publik, dilakukan setiap triwulan guna menyelesaikan berbagai hambatan, dan wujud komitmen Pengadilan Agama Masohi dalam memberikan pelayanan publik. Jam pelayaanan pada hari kerja dimulai jam 08.00 s.d 16.30 dan jam 17.00 pada hari jumat. Kesederhanaan gedung bukanlah keterbatasan dalam memberikan pelayanan prima, Berkomitmen selalu memberikan yang terbaik adalah budaya kerja Pengadilan Agama Masohi. Pengadilan Agama Masohi Exellent Service Everyday, Kami siap melayani. (yenni-lestari)